Buah Came


Ada yang pernah denger nama buah Came? Saya yakin hampir sebagian besar pembaca belum pernah mendengarnya atau bahkan belum pernah melihatnya. Saya pun begitu. Saya pun baru mengetahui buah tersebut ketika sedang jalan-jalan bersama keluarga ke daerah Babelan, Muara Gembong, lalu ke Cikarang.

Di dalam perjalanan daerah Babelan – Muara Gembong, di pinggir jalan ada penjual buah yang menjual buah semangka, melon, dan sejenis buah yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Dibilang melon terlalu kecil, dibilang tomat tapi kayak melon atau jambu biji. Untuk mengurangi penasaran, akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di salah satu tukang buah dan membelinya.Melalui tukang buah itulah kami tahu nama buah itu. Harganya tak terlalu mahal. Satu kilo 5 ribu rupiah. Dan dapatlah 3 buah Came tersebut.

Ini saya kasih liat bentuk buahnya. Ukurannya tidak terlalu besar. Jika dikomparasikan dengan tusuk gigi, tingginya tidak jauh beda.

Buah Came

Jika dibelah, bentuknya memang mirip melon. bijinya mirip dengan buah markisa. kami tidak tahu apakah bjinya tersebut bisa dimakan atau tidak, tapi rasanya tidak sesegar biji markisa. Klo dari dagingnya, mirip perpaduan antara buah melon dengan buah blewah. Ini bentuknya jika dibelah.

Belahan Buah Came

Saya tidak tahu apakah di daerah lain ada buah jenis ini namun dengan nama yang berbeda. Tapi setidaknya, saya dapat pengetahuan baru terkait buah yang baru saya tahu ini.

6 thoughts on “Buah Came

  1. ya kaya aye ceritain tuh Be. mirip melon n blewah.

    Sebagai orang yang besar di Bekasi, lom pernah ngelihat buah tuh kan, Be?

  2. sama, aku juga belum pernah liat…apalagi ngerasaain…he…dari gambarnya kok rasanya (keliatannya.red) segede buah melon yah????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s