Petasan dan Kembang Api


kamu ga kasihan dengan orang tuamu? Mereka bersusah payah berjam-jam mencari uang untukmu, namun engkau “bakar” uang tersebut hanya dalam hitungan detik

Petasan atau kembang api merupakan salah satu benda yang dicari di momen lebaran ini, tentu saja selain the most hunted yang bernama kulit ketupat. Indikatornya gampang, seberapa mudah engkau dapatkan benda itu, berarti semakin banyak benda itu berada di pasaraan.

Misal, jika aku mau, cukup melangkah sekitar 20 kaki saja ke arah kiri setelah keluar rumah maka akan ku dapatkan berbagai macam variasi petasan atau kembang api yang ku inginkan. Namun, itu hanya permisalan. Dunia itu sudah lama aku tinggalkan.

Seingatku, terakhir kali bermain petasan adalah saat akhir SD atau awal SMP, itu pun membelinya dengan sembunyi-sembunyi. Efek tergoda oleh bujukan teman-teman sepermainan, beberapa jenis petasan pun pernah aku rasakan, dari yang berbunyi maupun yang tidak. Seperti petasan banting, petasan korek, petasan jangwe, maupun petasan kentut.

Hingga akhirnya ada satu momen yang membuatku berpikir dua hingga ribuan kali jika ingin membeli petasan. Sebuah perkataan yang hingga kini aku mengingatnya.

“kamu ga kasihan dengan orang tuamu? Mereka bersusah payah berjam-jam mencari uang untukmu, namun engkau “bakar” uang tersebut hanya dalam hitungan detik. Yang manfaatnya pun tidak ada, hanya kesenangan sesaat belaka”

Perkataan itu terlontar dari orang tua saat aku ketahuan bermain petasan. Hingga saat ini, perkataan itu selalu terngiang dalam kehidupanku. Sejak saat itu, aku tidak pernah mau menggunakan uang jajanku,ataupun saat ini aku sudah mampu memiliki uang sendiri, untuk membeli petasan atau kembang api.

Menurutku, mereka yang menyalakan kembang api adalah orang kaya yang sudah memiliki banyak uang yang hingga akhirnya mereka membakar uang-uang tersebut.

Posted from Xperia E-ki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s