Topi : Kembali ke Kebiasaan Lama


Akhir-akhir ini ada sebuah kebiasaan yang sudah lama sekali tidak saya lakukan, yaitu menggunakan topi dalam keadaan santai.

Selain di pabrik, entah kapan tepatnya saya menggunakan topi di acara non formal. Mungkin terakhir kali menggunakan topi santai sekitar 4-5 tahun lalu.

Kebiasaan lama ini bermula ketika melihat toko Eiger dalam perjalanan pulang dari kantor. Masuk ke toko tersebut berniat untuk mencari jas hujan namun tak dapat so keliling-keliling melihat display barang dari mulai jaket, baju, dompet, tas, hingga akhirnya topi.

Di saat mata sedang mengamati keseluruhan topi yang terdisplay,ada sebuah topi yang menarik perhatian. Dengan konsep simple dan minimalis serta berwarna hitam, seakan topi tersebut mengajak pikiran melayang jauh ke sekitar pertengahan tahun 2007.

Ya, pada saat itu adalah momen terakhir saya memiliki topi Eiger yang minimalis namun terkesan eksklusif, juga berwarna hitam. Topi tersebut harus saya relakan untuk berpindah tangan saat acara dimana terdapat segmen acara yang meminta peserta untuk saling menukarkan hadiah dengan memberikan yang terbaik yang saat itu dibawa. Dan karena memang tidak ada opsi lain, ya topi tersebut yang saya berikan kepada seorang yang saat itu juga baru saya kenal.

Sejak momen itu, pernah beberapa kali mengunjungi toko-toko adventure baik di Yogya maupun Bekasi, saya tidak pernah menemukan kembali model topi Eiger yang minimalis. Yang saya temukan, saat-saat tersebut konsep topi Eiger adalah mirip topi-topi distro, yang cenderung ramai dalam desainnya. Dan model seperti itu, jelas bukan saya banget! Dan sejak momen itu pulalah, saya sudah mulai malas-malasan menggunakan topi. Seluruh koleksi topi yang saya punya lambat laun saya hibahkan ke beberapa orang yang berminat.

So, dengan tidak berpikir lama, topi itu pun saya serahkan ke kasir dan saya tebus hak kepemilikannya. Dan romansa akan topi itu, sepertinya sekarang kembali lagi. Hingga teringat akan sebuah celetukan dari seorang senior kampus di sekitar tahun 2006 lalu,

Saya lom pernah lihat klo kamu tidak menggunakan topi di acara-acara santai itu seperti apa sih

, Ki?

image

Posted from Xperia E-ki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s