Apabila Hidup Tak Ada Batasnya…


Pernah tidak membayangkan jika dalam sebuah pertandingan sepakbola tidak ada istilah 2×45 menit?

Kira-kira, apa ya yang akan dilakukan para pemainnya? Apakah mereka tetap bersemangat mencari kemenangan? Ataukah mereka hanya terus berlari dan mencetak gol hingga kaki-kaki mereka tidak bisa digerakkan dikarenakan kelelahan?

Atau jika dalam sebuah pertandingan bulutangkis tidak dibatasi nilai 21, apakah pera pemain yang bertanding akan terus melancarkan pukulan smash, lob, dropshot atau sebagainya hingga kelelahan salah satu pemainlah yang mengantarkan pemain lainnya menjadi pemenang?

Atau jika dalam sebuah balapan yang tidak ada ketentuan untuk batas putaran yang harus dilalui, apakah pebalap akan terus berputar-putar hingga bahan bakar kendaraannya habis atau hingga bannya botak?

Lihatlah kembali, semuanya akan tetap ada batasan yang akan menghentikannya. Kelelahan pemain atau kehabisan bahan bakar menjadi pembatas bahwa yang mereka lakukan tidak bisa dilanjutkan dan harus berhenti. Sejago apapun mereka dalam bermain sepakbola, bulutangkis, atau membalap, mereka akan tetap berhenti pada titik maksimal yang mampu mereka lakukan.

Begitupun dengan kehidupan yang kita lalui.. Ada batasan di dalamnya yang bernama usia, sesuatu yang tidak bisa diketahui masa aktifnya kecuali oleh Sang Pencipta.

Mau sepintar apapun dokter dalam mendiagnosa pasien yang sekarat, dia tidak akan mampu memprediksi secara pasti kapan sang pasien akan meninggalkan dunia. Mau sepintar apapun insinyur dalam mendesain alat, dia masih tidak akan mampu membuat alat yang bisa memprediksi kapan kematian akan datang.

Mau masih muda atau sudah tua, kehidupan selalu berteman baik dengan rahasia. Baik rahasia dalam dinamika kehidupan itu sendiri ataupun rahasia dalam kematian yang akan menjemput.

So, sudah sejauh apa kita menjalankan sisa-sisa kehidupan dengan kehidupan yang penuh manfaat dan barakah sebelum batas kehidupan itu menjemput kita?

3 thoughts on “Apabila Hidup Tak Ada Batasnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s