About My Hobbies


Klo kata orang sih, namanya hobi tuh suatu yang kita sukai dimana kita mengagendakan atau meluangkan waktu agar kita dapat melakukan hal tersebut. Jika seperti itu, apa kegiatan-kegiatan ini dapat disebut hobi??? Kita lihat beberapa analisis berikut…

Bola Sepak

Pertama, maen bola tendang atau tendang-tendang bola. Ku ga tahu kapan terakhir kali diriku maen bola di lapangan besar dengan semangatnya. Kayanya sih ketika masih di kos Bu Darsih di awal kuliah dulu! Kami sekos, 14 orang, masih punya waktu seminggu sekali buat maen bola di GSP entah itu ngadu dengan kos laen atau ngajak ngadu kelompok yang lagi bermain disana juga. Sekarang, untuk sekedar bermain futsal saja, sudah masuk kategori jarang, jika tidak bisa dikatakan tidak pernah.

Kedua, maen game bola tendang atau tendang-tendang bola. Dulu sih pas awal2 di Kos Hijau kami sekos masih rutin ngegame WE or PES di kamar Tinton or maen game FM di kamar sendiri. Tiada hari tanpa ngegame! Emang sich ngerasa ga produktif banget. Tapi… I love that!  Tapi sekarang, ga tahu harus besyukur atau bersedih, waktu buat maen dah sangat minim banget. Secara, maen FM tu ga akan puas klo hanya 1 jam doang!

Ketiga, nonton orang yang menendang-nendang bola. Dulu, ketika masih muda, nonton Juve, Arsenal, ataupun Madrid, baik pagi, siang, malam sekalipun yang harus begadang, it’s no problem! Tapi sekarang… kok kayanya kekurangan gairah untuk nonton siaran langsung tim-tim di atas baik di liga domestik or liga champions. Jangankan begadang, untuk yang jam 9 malam aja terkadang setengah 10 dah ditonton balik ma TV.

Keempat, jalan-jalan. Klo ini masih sering dilakukan ditemani Gun dengan setia. Teringat ketika masih berseragam putih abu-abu, masih suka jalan-jalan ke tempat yang lom diketahui sepanjang Bekasi. Tapi di Jogja? Awal-awal emang iya suka dilakukan, tapi sekarang???

Kelima, survival. Mungkin menurut yang lain hal ini sama dengan jalan-jalan tapi buatku ini berbeda. Terakhir kali “survival” tu SMA kelas 2 ketika harus mukhayam ke Gunung Bundar. Dan Subhanallah… sejak saat itu, langsung terbersit keinginan untuk menjadi Kepanduan. Namun, sayang kesempatan yang ada tidak pernah cocok waktunya. Setiap ada mukhayam selalu memakai waktu liburan kuliah. So, aku lebih memprioritaskan pulang kota dibandingkan mengikuti mukhayam. Kehadiranku lebih dibutuhkan di keluarga terutama untuk membantu papa.

Keenam, membaca. Dulu awal-awal kuliah, Alhamdulillah sebualan sekali bisa beli minimal 1 buku baru tiap bulannya. Tapi seiring berjalannya waktu lama kelamaan dah ga ada budget buat beli buku tiap bulan. Mungkin baru beli buku insidental aj kaya pas ada pameran buku.

Thinking

So, dengan keenam hal itu dengan analisisnya, masihkah itu disebut hobi? Klo memakai pengertian hobi di atas, so berarti hobiku saat ni adalah tiduran!!! Kenapa? Karena aku selalu menyempatkan waktu setiap di kos untuk tiduran. Mengingat diriku ga boleh terlalu cape coz, klo ga salah  beberapa tahun lalu dr. Syarief Alwi, pernah mengatakan pas aq meriksa klo aq ada gejala liver – walaupun aku juga seedikit menyangsikannya. Beliau menyuruhku untuk sering istirahat biar tu penyakit ga berubah dari gejala menjadi akut.

Tapi, apakah tiduran dapat dikatakan hobi???

2 thoughts on “About My Hobbies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s