Fabregas, hanya menjadi Sejarah bukan Legenda


Akhirnya, Senin 15 Agustus 2011, Cesc Fabregas resmi berpisah dengan Arsenal. Destinasi pelabuhan berikutnya adalah Barcelona. Barca bukan menjadi tempat yang baru untuknya dikarenakan dirinya merupakan alumnus La Masia, tempat penggodokan bakat-bakat muda di tanah Spanyol khususnya wilayah Catalunya. Pada tahun 2003, Arsene Wenger berhasil melihat talenta spesial dalam dirinya dan menawarkan kontrak kerja profesional untuknya.

Tanda-tanda kebintangan Cesc tampak ketika dirinya menjadi pemain termuda sepanjang sejarah perjalanan Arsenal untuk tampil di Liga Inggris ataupun Liga Champions saat umurnya berkisar 16 tahun! Begitupun dengan fakta yang menuliskan bahwa dirinya menjadi pemain termuda Arsenal yang mampu menjebol gawang lawan. Dan dirinya merupakan satu-satunya pemain di skuad Arsenal Yunior yang mampu berpindah kamar ke skuad Arsenal Senior hanya dalam waktu 10 hari saja!

Namun, dengan beberapa fakta itu namanya hanya masuk ke dalam buku sejarah Arsenal, belum masuk ke dalam bagian legenda Arsenal layaknya Thierry Henry yang berlabel King Henry buat para Gooners dikarenakan mampu melewati rekor gol milik Ian Wright plus menjadi salah satu pionir saat Arsenal menjadi undefeated team saat menjuarai EPL 2004.

Ya, Cesc belum mampu mengahdirkan sebuah trofi untuk Arsenal selama hampir 8 tahun perjalanannya bersama Arsenal. Walaupun sempat menjadi Arsenal Skipper dalam dua musim terakhir dan menjadi nadi dalam permainan tiki taka khas Arsenal bersama Samir Nasri, dirinya belum bisa masuk dalam kategori Legenda.

Karena alasan haus gelar itulah, dirinya memilih untuk menerima pinangan Barca dengan harga transfer yang tidak terlalu mahal, untuk pemain sekaliber dirinya, 30 juta pounds. Harga yang hampir sama dikeluarkan Barca untuk merekrut Alexis Sanchez yang baru bersinar di 2 musim terakhir bersama Udinese.

Selamat jalan Cesc, semoga dirimu mendapatkan apa yang engkau inginkan di Barca!

2 thoughts on “Fabregas, hanya menjadi Sejarah bukan Legenda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s