El Clasico 2011-2012 : Jilid I


El Clasico

Sahur nanti akan berbeda dibandingkan sahur-sahur sebelumnya, karena untuk edisi kali ini akan ditemani dengan pertandingan penuh gengsi yang mampu menguras perhatian seluruh penikmat bola dunia. Pertandingan klasik yang memiliki rating tertinggi di antara pertandingan klasik lainnya. Pertandingan bertajuk El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona.

Masih hangat dalam ingatan bagaimana musim lalu, El Clasico mengambil 5 edisi (2 La Liga, 2 Champions, 1 Copa del Rey) dengan hasil Madrid hanya mampu memenangi 1 pertandingan yang berakhir pada juara Copa del Rey, 1 kali seri, dan 3 kekalahan. Memang bukan hasil yang bagus buat El Real ditambah di pertemuan perdana mengalami kekalahan telak 5 gol tanpa balas.

Dan seperti apakah jalannya pertandingan jilid perdana dari minimal 4 jilid (2 super spanyol, 2 la liga) yang akan berlangsung musim ini?

Dengan kekalahan mutlak di musim lalu membuat The Special One, Jose Mourinho, melakukan berbagai eksperimen di awal musim ini untuk menyingkirkan Barca dari persaingan. Pertama, dari strategi. Kedua, transfer pemain yang menyesuaikan strategi dibutuhkan.

Untuk musim ini, Mou melakukan transformasi strategi dari 451 menjadi 433. Hal itu bisa dilihat dari beberapa pertandingan pre season yang dilakukan. Untuk komposisi pemain pun sudah bisa diprediksi siapa yang akan mengisi starting line up begitu pun dengan pelapisnya.

Casillas (Adan) [GK] – Ramos (Arbeloa) – Pepe (Albiol) – Carvalho (Varane) – Marcelo (Coentrao) [DF] – Xabi Alonso (Sahin) – Khedira (Altintop) – Oezil (Granero) [MF] – Ronaldo (Callejon) – Benzema (Higuain) – Di Maria (Kaka) [CF]

Yang perlu menjadi perhatian Mou adalah ketika timnya kalah telak musim lalu, dirinya secara jelas menggunakan formasi tersebut dan membuat dirinya mengubah menjadi 451 untuk 4 pertemuan terakhir. Itu pun dengan menaikkan Pepe menjadi DM guna menyetop laju pergerakan Messi ataupun Iniesta mulai dari tengah lapangan.

Untuk Barcelona sendiri tidak banyak mengalami perubahan dari musim ke musim. Penambahan Alexis Sanchez dan bisa jadi Cesc Fabregas hanya berfungsi sebagai pemain yang akan turun sebagai pengubah permainan di tengah pertandingan bukan sebagai starter pertandingan.

Untuk pertandingan malam ini, kondisi Madrid hampir 100 %. Yang diragukan tampil hanyalah Sergio Ramos. Berbeda dengan Barca dimana Messi ataupun Alexis hanya akan bermain di pertengahan babak kedua dikarenakan kondisi fisik yang belum bugar setelah liburan pasca Copa America lalu. Sedangkan untuk Puyol, Pique, dan Busquets, mereka akan menjadi penonton di pinggir lapangan dikarenakan cedera yang mereka alami. Namun, Thiago Alcantara siap melanjutkan sinar terangnya selama pra musim.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian Madrid adalah mereka belum mengalami kekalahan selama pertandingan persahabatan sehingga Mou belum bisa melihat kelemahan timnya secara detail. Berbeda dengan Barca yang sudah mengalami dua kekalahan, melawan MU dan Club America, ketika pertandingan persahabatan lalu.

Dengan kondisi tersebut, untuk edisi perdana di musim ini, tak perlu diragukan lagu bahwa Madrid akan memenangi pertandingan ini dan akan memberikan kekalahan perdana untuk Pep Guardiola selama 3 tahun terkahir sepulang dari Estadio Santiago Bernabeu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s