Laskar 2009


Di perjalanan menuju tahun ketiga laskar 2009 di Agustus nanti, akhirnya kami memiliki logo yang telah didesain oleh ahli desain di laskar. Buat saya, logonya simple dan berwarna dan tentu saja bermakna. Jika dilihat dari atas, para laskar sedang bergandengan tangan sebagai tanda kuatnya ikatan kami. Warna-warni yang tergambar sebagai deskripsi singkat atas heterogennya kami.

***

Tak pernah ada dalam pikiranku sejak menginjakkan kaki di Kampus Kerakyatan ini akan bertemu dengan sekelompok orang seperti  mereka. Definisiku untuk kata “bertemu” itu adalah berada dalam satu komunitas yang pastinya terjadi berbagai macam interaksi di dalamnya, baik suka maupun duka. Dan untuk interaksi itu pun, saya atau bahkan kami memiliki maknyanya sendiri. Bukan layaknya interaksi umum yang terjadi di masyarakat. Kami memiliki batasan yang jelas dan tegas untuk sebuah hal bernama interaksi. Bingung? Ya, itulah kami!

Kami menyebut komunitas kami ini adalah Laskar 2009. Saya lupa atau tepatnya tidak tahu siapa yang mencetuskan ide untuk komunitas kami ini. Yang saya tahu, saat itu di akhir 2008, sedang booming film Laskar Pelangi. Dan sepertinya semangat kekeluargaan serta mimpi-mimpi yang diusung oleh film tersebut yang menginisiasi nama komunitas kami ini. Sedangkan untuk tahunnya, 2009, sepertinya diambil dari  tahun dimana milis kami dilaunching.

Jika bertanya, kenapa bukan mengambil tahun 2008 saja dimana kami mulai disatukan dalam komunitas ini, sebaiknya jangan pernah bertanya ke saya dikarenakan saya pun tidak tahu jawabannya!

Jawaban seperti itu pula yang akan saya berikan jika mungkin akan ada yang bertanya bagaimana masuk ke laskar 2009 dan apa saja yang telah dilakukan oleh kami.

Untuk saat ini hingga ke depan, sepertinya kami tidak akan pernah lagi bisa bekerja sama secara serentak dalam sebuah tempat yang sama layaknya dulu ketika kami masih sering berkumpul secara fisik. Ya, karena secara geografis pun lokasi kami sudah tersebar ke  berbagai daerah atau bahkan negara.

Yang bisa kami lakukan saat ini, hanya bisa mengingat dan mengenang apa yang telah kami lakukan. Ya, hanya sebuah kenangan yang bisa kami ingat. Namun jangan salah, semangat kami masih sama. Semangat untuk bekerja membangun Indonesia yang lebih baik. Dan bermodalkan semangat itulah, yang membuat kami semakin ingat dengan sesama anggota laskar.

Ketika sedang sibuk dengan aktivitas harian, terkadang ada sebuah pesan singkat masuk yang berisi pesan semangat dari salah seorang laskar. Dan terkadang tidak hanya pesan semangat saja, ada pergiliran jenis pesan yang masuk. Mulai dari berita gembira seperti pernikahan atau kelahiran putra atau putri laskar yang telah menikah hingga reminder terkait iuran emas khas laskar. Yang belum pernah ada namun pasti akan ada adalah terkait berita duka laskar.

Ketika mulai butuh seutas senyum di wajah, saya tinggal klik grup kami di FB dan tampaklah jelas disana status-status yang bervariasi. Mulai dari yang formal atau non-formal, jelas atau tidak jelas, bahkan doa dan guyonan pun bercampur baur dalam status-status yang ada. Walaupun tidak semuanya merupakan penulis aktif status, tapi saya yakin bahwa para laskar adalah pembaca aktif status yang akan menimbulkan ekspresi beraneka ragam di wajah laskar.

Ketika butuh hikmah-hikmah kehidupan, saya tinggal surfing ke dalam blog-blog pribadi para laskar. Blog yang penuh dengan kisah kehidupan nyata dengan gaya bahasa berbeda-beda tiap personal laskar. Pun dengan sudut pandang yang diambil.
Ohya, jika bertanya apakah kebaikan itu akan menular? Maka saya akan menjawab “iya” dengan membawa salah satu bukti yang terjadi di laskar ini, khususnya laskar blogger. Awalnya laskar blogger hanya segelintir, namun wabah menulis ini pun menyebar ke beberapa laskar yang berakhir dengan terbentuknya personal blog beberapa laskar.

Walaupun ada beberapa personal yang memiliki pikiran untuk “say good bye for laskar” namun entah mengapa saya tidak punya pikiran untuk itu, minimal sampai saat ini. “Good bye” bukan dalam artian meninggalkannya namun dalam artian tidak ingin tenggelam dengan euforia-euforia yang telah terjadi di masa lalu.

Tentu saja, perjalanan laskar tidak akan berhenti sampai di sini. Masih ada beberapa mimpi-mimpi bersama yang belum terwujud. Dan biarkan saya bercerita terkait ukiran-ukiran prestasi yang telah kami capai di blog saya ini. Mulai saat ini. Tunggu saja!

10 thoughts on “Laskar 2009

  1. emang dalam rangka apa sih tu logo dibuat??? buat cover buku ya??? keren juga kalo dibuat cover buku + cap buat sertifikat…
    Ah laskar 2009 emang eksis.com lah…

  2. oiya, mas boy =D
    *jadi inget our last conversation di perjalanan Jogja-Surabaya ^_^

    just wanna say, kaifahaluk akhi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s